Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang

Ibu Guru Maya - Inilah artikel terbaru mengenai Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang spesial bagi kalian yang sedang mencari panduan atau bahan pelajaran tentang Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang. Postingan ini bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam menyelesaikan tugas maupun menambah pengetahuan kalian secara umum. Langsung simak saja pemaparannya berikut:

Detil Artikel : Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang
Kategori Artikel: Materi Pelajaran Matematika -

Baca juga:


Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang

Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang. Ketika kita akan membuat sebuah garis menggunakan mistar, ternyata pada mistar terdapat angka-angka yang menunjukkan satuan panjang. Pada penggaris yang kita gunakan biasanya ada dua satuan panjang yang berbeda yaitu centimeter dan inch. Di Sekolah Dasar satuan panjang yang digunakan biasanya adalah milimeter (mm), centimeter (cm), desimeter (dm), meter (m), dekameter (dam), hektometer (hm), dan kilometer (km). Inch atau Inci jarang digunakan  di sekolah dasar, sebagai pengetahuan 1 inci = 2,54 cm.

Satuan panjang ternyata dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu satuan panjang tidak baku dan satuan panjang baku.
  • Satuan tidak baku adalah satuan yang tidak ditetapkan sebagai satuan pengukuran secara umum,
    karena pengukuran ini tidak dapat dinyatakan dengan jelas. Contoh : jengkal tangan, depa, hasta dan feet.
  • Satuan baku adalah satuan yang ditetapkan sebagai satuan pengukuran secara umum (internasional) karena pengukuran dengan satuan baku dapat dinyatakan dengan jelas. Contoh : milimeter (mm), centimeter (cm), desimeter (dm), meter (m), dekameter (dam), hektometer (hm), dan kilometer (km) 
Satuan-satuan panjang yang sering kita gunakan tersebut yaitu mm sampai dengan km ternyata terdapat hubungan kesetaraan antar satuan-satuan panjang km, hm, dam, m, dm, cm, dan mm. Hubungan kesetaraan antar satuan-satuan panjang dapat dapat digambarkan dengan tangga. Hubungan antar satuan panjang ternyata dapat kita simpulkan sebagai berikut :
Setiap naik satu satuan, misal mm → cm nilainya menjadi 0,1 cm, artinya setiap naik satu satuan nilai dibagi dengan bilangan 10. Demikian juga ketika turun satu satuan, misal meter → desimeter nilainya menjadi 10 dm,  berarti setiap turun satu satuan dikalikan 10.
Hubungan antar satuan panjang tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :
 km↘ 
Naikhm  hm↘Turun
: 10dam     dam↘x 10
m                   m↘ 

dm     dm↘
cm    




   cm↘
mm 






  mm









Dari gambar di atas diperoleh hubungan antar satuan sebagai berikut :
  • Satuan Naik : 1 mm = 0.1 cm = 0,01 dm = 0,001 m = 0.0001 dam = 0,00001 hm = 0,000001 km.
  • Satuan Turun : 1 km = 10 hm = 100 dam = 1.000 m = 10.000 dm = 100.000 cm = 1.000.000 mm.
Untuk memudahkan menentukan hubungan antar satuan panjang dapat menggunakan kalkulator sederhana di bawah ini:

Satuan Dari

km
hm
dam
m
dm
cm
mm

Demikianlah Artikel Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang

Sekian artikel mengenai Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang, semoga bisa memberi manfaat positif bagi kalian. Dipertemuan berikutnya, blog Ibu Guru Maya akan menyajikan lebih banyak informasi paling update seputar materi pelajaran sekolah yang diharapkan dapat kalian gunakan dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Baiklah, cukup sekian pembahasan kita kali ini.

Kamu sedang membaca artikel Mengenal Hubungan Antar Satuan Panjang dan permalink untuk artikel ini adalah https://ibugurumaya.blogspot.com/2016/05/mengenal-hubungan-antar-satuan-panjang.html. Semoga artikel dari Ibu Guru Maya akan selalu memberikan nilai tambah bagi kalian.
 

Blog Archive

Search This Blog